Wisata

Pantai Teluk Hijau, Keindahan Tersembunyi di Ujung Banyuwangi

89
×

Pantai Teluk Hijau, Keindahan Tersembunyi di Ujung Banyuwangi

Sebarkan artikel ini
Pantai Teluk Hijau, Keindahan Tersembunyi di Ujung Banyuwangi Admin

Pantai Teluk Hijau atau yang dikenal dengan nama Green Bay terletak di Dusun Krajan, Sarongan, Pesanggaran, Kabupaten Banyuwangi, Provinsi Jawa Timur, lokasinya berada di area Taman Nasional Meru Betiri.

Pantai Teluk Hijau ini relatif aman untuk berenang. Ombaknya tidak terlalu berbahaya namun tetap harus waspada. Yang lebih menarik lagi di tempat yang sama terdapat pantai Batu.

Benar, pantai ini dinamakan batu karena pesisir pantainya bukan ditutupi pasir putih nan lembut, melainkan hampir seluruhnya ditutupi oleh bebatuan yang bersih. Susunan bebatuan di Pantai Batu ini seperti sudah ditata secara rapi. Padahal, bebatuan tersebut tersusun secara alami. Jarak pantai Teluk Hijau dengan Pantai Batu hanya terpaut 300 meter.

Pantai Teluk Hijau, Keindahan Tersembunyi di Ujung Banyuwangi Admin

Hanya saja keberadaan Teluk Hijau memang sangat tersembunyi. Bahkan sebelah Timur dan Barat pantai Teluk Hijau terdapat karang yang tinggi sehingga menyulitkan aksesnya jika dilalui dengan menyusuri pantai. Akses yang biasanya dijadikan lorong menuju Pantai Teluk Hijau adalah hutan kecil di ujung jalan setapak Pantai Batu.

Keindahan Pantai Teluk Hijau memang tak cukup untuk dinikmati dalam sehari. Jika memang berencana untuk mendirikan tenda, sebaiknya dikoordinasikan dahulu dengan pengelola di Rajegwesi.

Kawasan Teluk Hijau merupakan kawasan yang berada di Taman Nasional Meru Betiri. Dikhawatirkan pengunjung bertemu dengan satwa liar yang sedang jalan-jalan juga ke pantai. Jadi, sebaiknya koordinasikan terlebih dahulu dengan petugas Taman Nasional Meru Betiri.

Baca Juga : Menengok Keindahan Air Terjun Kabut Pelangi di Lamongan

Salah satu yang menarik memang pesona pantai alami dengan air terjunnya yang menawan. Keberadaan air terjun alami di Pantai Teluk Hijau inilah yang membuat Pantai Teluk Hijau ini semakin istimewa. Lokasi air terjun tidak terlalu jauh dari Pantai Teluk Hijau, hanya sekitar 21 meter saja. Menikmati keindahan air terjun paling pas memang saat musim hujan, pasalnya saat musim hujan debit air sungai sedang naik. Namun, memang tidak menjadikan akses jalan semakin mudah. Saat musim hujan akses jalan akan semakin menantang karena licin.

Ada dua alternatif jalan yang bisa ditempuh untuk menuju ke Teluk Hijau. Pertama, bisa mengikuti jalan menuju ke arah pantai Rajegwesi. Jalan yang harus ditempuh menuju Teluk Hijau searah dengan jalan menuju pantai Rajegwesi ini. Namun, tidak ada alat transportasi seperti bis atau angkutan umum yang ke areah sana. Jadi, sebaiknya gunakan kendaraan pribadi atau menyewa kendaraan. Setelah tiba di pantai Rajegwesi, pengunjung bisa menunggang kapal untuk bisa mencapai Pantai Teluk Hijau.

Alternatif kedua adalah mengikuti jalan yang satu arah dengan pantai Sukamade. Biasanya, para pengunjung hanya singgah sementara di dekat Pantai Teluk Hijau. Bukan di tepi pantainya ya, melainkan berada di balik bukit Pantai Teluk Hijau.

Nah, pengunjung bisa berangkat bersama-sama dengan rombongan yang hendak menuju pantai sukamade ini. turun di tempat pemberhentian kemudian berjalan kaki menuju Teluk Hijau. Untuk memudahkan pencarian , lokasi teluk Hijau ini sudah ditandai dalam Google Maps

Tinggalkan Balasan