Wisata

Air Terjun Songgo Langit, Penyangga Langit

107
×

Air Terjun Songgo Langit, Penyangga Langit

Sebarkan artikel ini
Air Terjun Songgo Langit, Penyangga Langit Admin

Air Terjun Songgo Langit berada di Dusun Dukuh Ngelencer, Desa Bucu, Kecamatan Kembang, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah.

Dengan ketinggian sekitar 70-80 meter dan lebar 2 meter, air terjun Songgolangit posisinya berada di lereng Gunung Muria, yaitu gunung yang memiliki ketinggian 1,601 dari permukaan laut, serta tempat disemayamkannya salah – satu Wali Songo, yaitu Sunan Muria.

Dinamakan Air Terjun Songgo Langit karena dianggap sebagai penyangga langit, saking tingginya air terjun ini. Kata songgo dalam bahasa jawa berarti penyangga, sementara kata Songgo Langit berarti penyangga langit, dianggap seolah – olah menjadi penyangga langit. Memang begitu adanya, pesona keindahan dan tingginya Air Terjun Songgo Langit seakan menjadi penyangga langit bumi Jepara.

Palung atau kolam utama tepat air terjun jatuh ke dasar kolam memiliki kedalaman sampai 8 meter, dengan pusaran air yang begitu kuat. Sehingga terdapat larangan berenang di lokasi tersebut.

Baca Juga : Pantai Teluk Hijau, Keindahan Tersembunyi di Ujung Banyuwangi

Di sekitar lokasi Air Terjun Songgo Langit sudah tertata cukup baik. Apalagi terdapat beberapa spot, atau tempat duduk yang sangat nyaman sambil menikmati keindahan alam sekitar. Sampai dengan bulan Oktober 2020 Harga tiket masuk Air Terjun Songgo Langit tahun 2020 / HTM adalah sebesar Rp. 5.000 per orang.

Jalan ke Air Terjun Songgo Langit tidaklah sulit sebagaimana tracking menuju lokasi air terjun kebanyakan. Lokasi Air Terjun Songgo Langit terletak di samping jalan utama yang bisa dilalui kendaraan roda empat maupun roda dua. Dari dari lokasi parkir, pengunjung langsung berada di sekitar lokasi utama air terjun. Sehingga tidak perlu bersusah payah melakukan tracking.

Dari gapura masuk Desa Bucu, para pengunjung yang hendak ke lokasi Air Terjun Songgo Langit sudah disuguhkan pemndangan alam berupa peswahan, perkebunan, serta pesona keindahan Gunung Muria yang ada di depan mata.

Meskipun jalannya banyak kelokan, namun kondisi jalannya sudah bagus dan bisa dilalui oleh mobil maupun motor. Untuk memudahkan pencarian lokasi ini sudah ditandai dalam Google Maps

Tinggalkan Balasan