Wisata

Menengok Keindahan Air Terjun Kabut Pelangi di Lamongan

98
×

Menengok Keindahan Air Terjun Kabut Pelangi di Lamongan

Sebarkan artikel ini
Menengok Keindahan Air Terjun Kabut Pelangi di Lamongan Admin

Air Terjun Kabut Pelangi berada di Desa Pronojiwo, Kecamatan Pronojiwo, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur.

Lokasinya berada di Kaki Gunung Semeru yang membuatnya dikelola oleh Perum Perhutani KPG Malang dan bisa dibilang masih dalam satu kawasan dengan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru.

Disebut sebagai kabut pelangi bukan tanpa alasan. Pasalnya, sering ada penampakan pelangi di sekitaran air terjun. Munculnya pelangi tersebut dikarenakan membiasanya air terjun saat bertemu dengan cahaya matahari.

Air terjun Kabut Pelangi memiliki ketinggian lebih dari 100 meter dan berada di dataran dengan ketinggian 1.229 meter di atas pemukaan laut. Sehingga saat berada di sekitarnya akan merasakan sejuk dan juga segar. Panorama di sekitarnya masih sangat asri.

Salah satu keunikan dari air terjun ini adalah, sebelum pengunjung sampai di lokasi Air Terjun Kabut Pelangi akan disuguhi pemandangan cantik Air Terjun Anak Kabut Pelangi. Air terjun ini memiliki karakteristik yang hampir sama namun lebih pendek.

Baca Juga : Taman Nasional Baluran, The Little Africa

Dari Air Terjun Anak Kabut Pelangi menuju lokasi Air Terjun Kabut Pelangi pengunjung harus berjuang melewati aliran air sungai yang mengalir yang bersumber dari Air Terjun Kabut Pelangi. Butuh kira-kira 15 menit untuk mencapai Air Terjun Kabut Pelangi.

Aliran sungai dengan tebing yang menjulang tinggi menjadi daya tarik tersendiri. Tak hanya itu, pengunjung juga bisa menyaksikan kawanan monyet tengah asyik bermain bergelantungan di pohon.

Rute untuk menuju Air Terjun Kabut Pelangi ini adalah jika dari kota Lumajang ikuti petunjuk ke Malang, setelah kantor Polsek Pronojiwo ada gang yang diatasnya sudah terdapat banner wisata Coban Kabut Pelangi. Masuk gang tersebut dan selanjutnya tinggal mengikuti petunjuk ke Coban Kabut Pelangi.

Jika berangkat dari Malang ikuti petunjuk ke Lumajang melewati Turen-Dampit-Tirtoyudo-Ampelgading-Pronojiwo. Dari tempat parkir menuju lokasi Air Terjun Kabut Pelangi kurang lebih hanya berjarak 2 kilometer saja. Harga tiket masuk hanya Rp 5.000 saja. Tak perlu khawatir lokasi air terjun ini sudah ditandai dalam Google Maps guna memudahkan pencarian

Tinggalkan Balasan