Kesehatan

Mengenal Lebih Jauh tentang GERD dan Pengobatan Herbalnya

257
×

Mengenal Lebih Jauh tentang GERD dan Pengobatan Herbalnya

Sebarkan artikel ini
Mengenal Lebih Jauh tentang GERD dan Pengobatan Herbalnya Admin

GERD atau gastroesophageal reflux disease merupakan kondisi yang terjadi ketika asam lambung naik ke kerongkongan, menyebabkan gejala seperti nyeri ulu hati, rasa terbakar di dada, dan mual. Kondisi ini cukup umum terjadi dan dapat mengganggu kualitas hidup seseorang.

Mau tahu akibat dari GERD? Jika asam lambung itu naik ke daerah dada, maka kelak di seputar dada akan terasa panas seperti terbakar. Jika ia naik mengenai area jantung, maka ritme detak jantung bisa terganggu sehingga jantung bisa berdebar-debar kencang sehingga debarannya seperti lonceng yang rasanya seperti mau copot saja.

Jika asam lambung itu naik ke area paru-paru, maka akan mengganggu fungsi paru-paru sehingga kita akan menjadi sering sesak nafas.

Jika asam lambung itu naik ke bagian THT (Tenggorokan, Hidung dan Telinga), maka tenggorokan akan sering terjadi radang, tenggorokan akan sulit menelan. Jika tenggorokan terjadi infeksi, dan kemudian menyempit, inilah yang membuat penderita akan merasakan bila tidur seperti dicekik orang, dan tenggorokan senantiasa terasa ada yang mengganjal.

Lalu apa yang terjadi pada hidung jika sering terkena asam lambung yang naik? Hidung bisa mengalami sinusitis. Gejalanya seperti flu yang tak sembuh-sembuh sepanjang tahun. Bayangkan. Flu satu hari saja rasanya tak enak banget, bagaimana jika itu terjadi dalam sehari-hari selama sepanjang tahun?

Lalu bagaimana pula jika asam lambung merembes ke bagian telinga? Orang yang terkena maag kronis, yang kemudian berkembang menjadi GERD, sering kemudian pendengaran menjadi berkurang, bahkan bisa kehilangan pendengarannya sama sekali. Sangat memprihatinkan, bukan?

Bukan hanya Tenggorokan, Hidung dan Telinga saja yang kemudian bisa terganggu. Namun, mata pun bisa terkena dampak dari naiknya asam lambung ke mana-mana. Penglihatan orang sakit maag dan GERD sering menjadi terganggu karena syaraf-syaraf mata terganggu oleh asam lambung yang merembes ke mata. Sehingga menjadi kabur penglihatannya.

Bukan itu saja penderitaan maag kronis dan GERD. Karena jika banyak organ menjadi terganggu fungsinya oleh naiknya asam lambung, maka penderitaan yang mereka alami sungguh sangat memprihatinkan. Kecuali lambung rasanya seperti disayat-sayat pisau, maka mereka juga akan sesak nafas, dan jantung berdebar.

KESALAHAN-KESALAHAN PENDERITA MAAG

Sakit Maag is a Silent Killer. Si Pembunuh diam-diam dan Pencabut nyawa yg kita anggap enteng.

Orang yang mempunyai golongan darah O yg tingkat keasamannya tinggi, lebih sering terkena maag. Maka penderita sakit maag terbanyak adalah golongan darah O. Golongan darah O umumnya tidak direkomendasikan untuk menjadi Vegetarian.

Salah satu kesalahan terbesar para penderita Maag adalah : Langsung Minum Obat Maag.

Minum obat maag supaya bisa makan
PADAHAL yg penting, jangan makan dlu supaya lambung bisa istirahat.

Ambil sejumput garam, hisap perlahan. Dalam hitungan menit, lambung akan nyaman karena asam ternetralisir oleh sifat basa pada garam.

#

Kesalahan berikutnya adalah : Tidak Paham.

Banyak penderita Maag berpikir bahwa mereka tidak ingin tergantung pada obat. Mereka pikir Asam dalam lambung akan hilang saat diberi makanan atau minuman manis, atau akan hilang dengan berlalunya waktu, dan sebagainya. Itu pemikiran yg keliru.

Asam lambung bersifat KOROSIF yg membantu proses cerna. Tapi sangat merusak jika berlebihan.

SEGERA netralisir asam dg menghisap garam, lalu bikin larutan garam yg hangat + tetesan lemon/jeruk nipis. Lemon rasa asem, tp sifatnya basa. Rasa asem ditekan dengan asinnya garam.

#

Kesalahan ketiga, adalah tidak sadar penyebabnya.

Banyak penderita Maag berpikir bahwa sakit Maag itu dsebabkan karena TELAT MAKAN, MINUM KOPI, MAKAN ASAM, PEDAS, BERAS KETAN, atau BERSANTAN, dsb. Bukan!!! Penyebab utamanya bukan itu. Telat makan, Kopi, asam & pedas, ketan & santan, dsb itu hanya penyebab sekunder. Penyebab utama sakit maag yang paling banyak adalah justru:  stress dan kurang gerak.

STRESS menduduki tempat paling utama penyebab tukak lambung. Konsentrasi asam lambung meningkat beberapa kali lipat jauh lebih tinggi justru saat Stress dibanding saat telat makan.

Kurangnya gerak tubuh membuat gerak peristaltic pada usus dan lambung melemah sehingga asam lambung tidak terproses dengan baik dan menumpuk. Misalnya setelah makan langsung tiduran, akan membuat usus tidak mencerna dengan baik, akibatnya bisa memicu asam lambung keluar lebih banyak karena lambung “berpikir” bahwa makanan tersebut kurang terlumat dengan baik pada proses cerna sebelumnya.

Gerakan-gerakan dalam sholat harus dilakukan tuma’ninah. Memperlama sujud akan memberi kesempatan isi lambung dan usus jadi bergerak dan lebih cepat tercampur rata dengan enzim-enzim dalam lambung dan usus.

Untuk mencegah maag kambuh, Anda perlu menghindari faktor pencetus seperti di atas dan sebaiknya makan dalam porsi kecil namun lebih sering.

Bila keluhan maag Anda disertai rasa terbakar dari ulu hati menjalar hingga leher dan pangkal lidah, disertai mulut terasa pahit, gigi mudah berlubang, bau mulut, maka kemungkinan Anda mengalami GERD (gastroesofagal refluks) yaitu bentuk maag yang lebih berat karena terjadi aliran balik asam lambung dan menyebabkan iritasi sepanjang saluran pencernaan atas.

#

Kesalahan yg lain adalah : Konsumsi Yang Keliru

Banyak mereka yang sakit Maag mengira bahwa konsumsi sayur dan buah bisa membantu mengurangi gejala sakit maag. SALAH BESAR!!! Konsumsi daging yang lebih banyak justru sangat membantu penderita sakit Maag karena daging lebih lama proses cernanya daripada sayur atau buah sehingga asam lambung bekerja maximal menghancurkan daging yg anda makan, bukan menghancurkan tubuh anda.

#

Kesalahan lainnya yg kurang diperhatikan adalah : Sakit MAAG Karena Bakteri HELICOBACTERPYLORI

Ada salah satu penyebab sakit Maag yg disebabkan karena serangan bakteri, jika parah hal ini perlu penanganan medis khusus.

Kalo gak percaya, anda coba test sendiri, tidak usah sikat gigi sebelum tidur, maka besoknya jika sakit maag anda kambuh maka kemungkinan sakit maag anda disebabkan oleh bakteri Helicobacterpylori yg sebenarnya bakteri yang penting juga utk proses cerna dan umumnya bersarang di mulut, tapi jika berlebih karena tidak sikat gigi dan kemudian tertelan hingga ke lambung, akan menyebabkan tukak lambung.

Kalo yang jenis ini, obatnya gampang. Rajinlah Sikat gigi sebelum tidur, bangun tidur dan setelah makan.

#

Oh iya….Sakit Maag itu tidak bisa sembuh, karena sebenarnya itu bukan penyakit, tapi udah mekanisme alami tubuh. Kayak anda makan trus diproses dan dibuang oleh anus ke jamban. Kebelet Beol itu natural. Demikian pula Asam Lambung itu wajar bahkan berperan penting bagi proses cerna.

Karena itu, biasanya sesekali tetap akan muncul tukak lambung tsb. Yang penting adlh menjaganya utk tidak berlebih dan menyebabkan sakit & komplikasi yg lebih parah.

Asam lambung itu normal & penting bagi proses cerna dlm tubuh. Tapi jika berlebih & tidak dikelola dgn baik bisa melumpuhkan tubuh.

Salah satu obat herbal yang populer digunakan untuk mengobati GERD adalah akar licorice (akar manis). Licorice telah digunakan sejak lama dalam pengobatan tradisional untuk meredakan gangguan pencernaan. Kandungan zat aktif dalam akar licorice, seperti glycyrrhizin, memiliki efek antiinflamasi dan dapat membantu meredakan peradangan pada kerongkongan yang disebabkan oleh GERD.

Selain akar licorice, chamomile juga sering digunakan sebagai obat herbal untuk mengobati GERD. Chamomile memiliki efek menenangkan pada sistem pencernaan dan dapat membantu meredakan nyeri ulu hati serta mual yang sering terjadi pada GERD.

Sebagai pengobatan herbal, baik akar licorice maupun chamomile dapat dikonsumsi dalam bentuk teh. Anda dapat mencari produk teh herbal yang mengandung akar licorice atau chamomile di toko obat herbal terdekat.

Namun, penting untuk diingat bahwa pengobatan herbal tidak selalu cocok untuk semua orang. Sebelum mencoba pengobatan herbal untuk mengobati GERD, konsultasikan dengan dokter terlebih dahulu, terutama jika Anda sedang mengonsumsi obat medis lain atau memiliki kondisi kesehatan tertentu.

Tinggalkan Balasan