Wisata

Taman Nasional Baluran, The Little Africa

96
×

Taman Nasional Baluran, The Little Africa

Sebarkan artikel ini
Taman NAsional Baluran

Diujung Timur Provinsi Jawa Timur terdapat kawasan yang suasananya sangat mirip dengan di Afrika, memasuki kawasan itu kita merasa tidak seperti berada di Pulau Jawa. Nama kawasan itu adalah Taman Nasional Baluran. Bagi yang hobi berpetualang silahkan mampir ke Taman Nasional ini

The Little Africa adalah julukan yang diberikan pada Taman Nasional Baluran. Taman Nasional Baluran berada di Desa Wonorejo, Kecamatan Banyuputih, Kabupaten Situbondo dan Kabupaten Banyuwangi, Jawa timur. Kawasan ini memang perbatasan antara kabupaten Banyuwangi dan Situbondo. Luas kawasan ini kurang lebih 25.000 ribu hektar. Di kawasan ini kita akan disuguhkan dengan berbagai macam konservasi dan hewan-hewan alam.

Hutan musim akan menyambut wisatawan yang datang ke sini setelah melewati pos penjagaan. Yang dimaksud dengan hutan musim adalah hutan yang akan berubah-berubah sesuai dengan musimnya, Saat musim penghujan, kita akan lihat pesona hijaunya pepohonan. Tetapi,bila datang pada musim kemarau, kita akan dihibur dengan kondisi gersang. Warna coklat dengan dedaunan yang seakan rontok. Kita akan menyusuri hutan ini kurang lebih sejauh 5 km.

Kemudian kita akan memasuki hutan evergreen atau hutan abadi. Hutan disini dalam kondisi subur. Kapan pun kita datang, hutan ini akan selalu tampak hijau dan menyejukkan. Disini, kita harus menempuh kurang lebih 3 kilometer menuju ke kawasan selanjutnya.

Kawasan selanjutnya sampailah kita di Savanna Bekol. Savanna inilah yang dijuluki dengan Little Africa. Kawasan ini memiliki 10.000 hektar atau lebih dari sepertiga kawasan ini. disini, wisatawan akan disuguhi padang rumput serta pemandangan gunung nan esoktis.
Savana Bekol memiliki sifat hampir sama dengan hutan musim. Saat musim penghujan, kawasan ini memiliki pesona hijau menawan. Biasanya, di saat musim penghujan ada banyak hewan yang bisa dilihat seperti rusa yang sedang makan rerumputan.

Baca Juga : Sambelia, Amazonnya Indonesia

Disarankan, bagi wisatawan yang berkunjung ke sini untuk berhati-hati. Lantaran ini adalah alam bebas. Bisa-bisa bertemu dengan ular atau sekawanan banteng yang sedang datang. Lebih baik, kita berhenti dan biarkan mereka lewat terlebih dahulu.

Kawasan terakhir dari Taman Nasional Baluran adalah Pantai Bama. Pantai ini sangat sepi dan begitu nikmat dijadikan sebagai titik final dari petualangan di taman national baluran. Tetapi, harus diperhatikan dengan hadirnya kawanan kera ekor panjang. Mereka akan mengincar makanan yang akan dibawa kita. Jadi, disarankan untuk tidak memancing kedatangan mereka dengan membawa makanan.

Kita sebaiknya keluar dari kawasan ini sebelum jam 3 sore. Di tempat ini tidak ada penerangan dan perjalanan yang harus ditempuh dari Pantai Bama ke gerbang pintu masuk lebih dari sejam.
Kawasan Taman Nasional Baluran mudah ditemukan Apabila ingin pegi ke tempat ini. kita hanya perlu mengikuti jalur Banyuwangi – situbondo. Kawasan ini berada di sepanjang jalan. Jaraknya 67 km dari Kota Situbondo atau sekitar 47 km dari Kota Banyuwangi. Lokasi ini sudah ditandai di dalam Google Maps guna memudahkan pencarian.

Harga tiket masuk Taman Nasional Baluran relatif terjangkau, yaitu:

Pengunjung domestik / wisatawan lokal : Rp.15.000 sedangkan Wisatawan manca negara : 10 kali lipat, yakni Rp. 150.000
Tarif parkir untuk hari tersebut : Pengendara roda 2 : Rp. 5.000, Pengendara roda 4 : Rp. 10.000.00, dan Pengendara roda 6 (bus) : Rp. 50.000
Harga tiket masuk weekend atau hari libur (tanggal merah)
Wisatawan lokal : Rp. 17.500 sedangkan Wisatawan manca negara : Rp. 225.000

Tinggalkan Balasan