Banyumas

Mengenal Lebih Dekat Program Tahfidz MTs Ma’arif NU 1 Ajibarang

304
×

Mengenal Lebih Dekat Program Tahfidz MTs Ma’arif NU 1 Ajibarang

Sebarkan artikel ini
Mengenal Lebih Dekat Program Tahfidz MTs Ma'arif NU 1 Ajibarang Admin

AJIBARANG, Bandafo
AL- Qur’an merupakan kitab suci yang dipedomani utama dalam Islam. Proses menghafal Al-Qur’an memerlukan konsistensi, disiplin , dan bimbingan yang baik.

Demikian dikatakan Guru Pembimbing Program Tahfidz MTs Ma’arif NU 1 Ajibarang, Ryan Marwanti di sela kesibukannya mengajar.

Ryan menambahkan, Program Tahfidz bertujuan untuk memberikan struktur dan bimbingan yang sistematis untuk siswa dalam menghafal Al-Qur’an.

“Ini mencakup metode pengajaran yang efektif, jadwal yang terencana, serta dukungan dari semua guru,” katanya.

Menurut Ryan Marwanti, ada beberapa kesulitan yang dihadapi dalam pelaksanaan program ini, antara lain:
1. Waktu yang kurang, siswa sering kali memiliki jadwal yang padat dengan tuntutan sekolah dan kegiatan lainnya, sehingga menyulitkan mereka untuk menghabiskan waktu yang cukup untuk mempelajari dan menghafal Al-Qur’an.
2. Konsentrasi yang kurang, faktor eksternal dan internal seperti gangguan lingkungan atau kurangnya konsentrasi dapat mempengaruhi kemampuan siswa untuk fokus pada penghafalan

Yan sapaan akrab Ryan Marwanti memberikan solusi bagaimana cara untuk mengatasi kesulitan yang dihadapi siswa dalam menghafal.
1. Meningkatkan motivasi, membantu siswa menemukan motivasi internal dan eksternal untuk menghafal Al-Qur’an.
2. Pilih motede pembelajaran yang efektif, bantu siswa untuk menemukan metode belajar yang paling sesuai dengan gaya belajar mereka, seperti teknik repetisi, atau belajar melalui rekaman suara.
3. Ciptakan lingkungan yang mendukung, pastikan siswa memiliki ruang yang tenang dan bebas dari gangguan untuk belajar menghafal.
4. Berikan penghargaan, pemberian penghargaan kepada siswa sebagai motivasi untuk memperkuat semangat mereka.

Dihubungi di waktu yang berbeda, Kepala MTS Ma’arif NU 1 Ajibarang, Aminudin Aziz juga menyampaikan bahwa dalam proses pelaksanaan program tahfidz, memiliki manfaat antara lain memecahkan problem yang dimiliki oleh siswa, menciptakan hubungan harmonis dengan siswa-siswi yang lain, dan menjaga motivasi belajar.

“Siswa yang hafal diberikan apresiasi, ditingkatkan dan akan diberikan reward, selain itu untuk guru pembimbing juga akan diberikan penghargaan khusus,” pungkasnya.

Tinggalkan Balasan