Banyumas Raya

Kopinian, Forum Ngaji Literasi Santri Darussalam

17
×

Kopinian, Forum Ngaji Literasi Santri Darussalam

Sebarkan artikel ini
Kopinian, Forum Ngaji Literasi Santri Darussalam Admin

PURWOKERTO, Bandafo.com – Komunitas Pemikiran Kekinian (Kopinian) mengadakan acara diskusi dan bedah buku “Anak Miskin Dilarang Bercerita” karya Rahma Isnania Rabu, (24/02/2021) malam. Forum yang diisi oleh Idham Nur Kohar ini digelar di Perpustakaan Pesantren Darussalam, Dukuhwaluh, Purwokerto.

Idham menjelaskan, buku tersebut bersisi tentang kekerasan simbolik dan dominasi kelas atas dalam menyosialisasikan habitusnya kepada kelas bawah. Serta menyajikan pandangan yang berbeda tentang buku cerita anak.

“Alasan saya membedah buku ini karena buku ini merupakan salah satu buku dari mahasiswa yang kebetulan seangkatan dengan kita dan semoga bisa memotivasi kita untuk menulis menulis,” katanya.

Diskusi selama dua jam lebih ini diikuti oleh 15 santri, proses diskusi berjalan dengan hangat, penuh guyonan dan serius. Rahma Isnania, juga hadir dalam forum tersebut.

Diketahui, Kopinian merupakan sebuah forum diskusi yang didirikan oleh santri Pesantren Darussalam sejak tahun 2018, di Kopinian mereka membahas banyak hal, seperti filsafat, agama, hukum, sosial, budaya, pendidikan, sejarah, isu aktual, dan lain sebagainya.

Awal berdirinya Kopinian berasal dari kegelisahan para santri Darussalam yang merasa perlu mengembangkan ketrampilan literasi bagi para santri, selain itu juga karena minimnya waktu diskusi di kampus tempat mereka belajar.

Penulis : Yesi Dyah
Editor : Kifayatul Ahyar

Tinggalkan Balasan