Banjarnegara

Ratusan Warga Cendana Antusias Ikuti Simulasi Pemungutan Suara

143
×

Ratusan Warga Cendana Antusias Ikuti Simulasi Pemungutan Suara

Sebarkan artikel ini
Ratusan Warga Cendana Antusias Ikuti Simulasi Pemungutan Suara Admin

BANJARNEGARA, Bandafo.com – Ratusan warga di Desa Cendana, Banjarnegara tampak antusias mengikuti simulasi pemungutan suara yang digelar KPU Kabupaten Banjarnegara, Selasa, 26 Desember 2023.

Mereka berbondong-bondong mendatangi tempat pemungutan suara (TPS) yang didesain sesuai dengan aslinya. Bahkan ada yang sampai carter truk untuk bisa sampai ke TPS yang terletak di Lapangan Cendana.

Ketua KPU Kabupaten Banjarnegara, M Syarif SW, mengatakan, simulasi tersebut sebagai persiapan dan latihan dalam menghadapi pemungutan dan penghitungan suara sesungguhnya di tiap TPS serta aplikasi penggunaan Sirekap.

“TPS sudah disiapkan H-1 dan logistiknya, petugas sudah siap satu jam sebelum acara sehingga tepat jam 07.00 pagi pemungutan suara sudah bisa dilakukan,”ujarnya.

Baca Juga : Majelis Talim dan Sholawatan, Naikkan Omset UMKM

Anggota KPU Kabupaten Banjarnegara Divisi Teknis Penyelenggaraan, Bambang Puji Prasetya, menambah, simulasi memang dilakukan senyata mungkin seperti situasi saat pemungutan dan penghitungan suara, Rabu 14 Februari 2024 mendatang.

“Petugas di TPS atau KPPS simulasi sejumlah tujuh orang plus dua orang berperan sebagai petugas ketertiban TPS menyiapkan empat bilik suara, lima kotak suara, surat suara simulasi, tinta, para saksi dan pengawas TPS simulasi,”katanya.

Melalui simulasi yang sesuai kondisi senyatanya di TPS ini diharapkan bisa menjadi sarana belajar bersama dan juga persiapan dalam menjalankan tugas di TPS.

“Termasuk untuk para warga yang nantinya akan memilih,” katanya.

Ditambah pihaknya akan melakukan evaluasi terhadap simulasi tersebut untuk mengetahui berapa lama waktu yang dibutuhkan setiap pemilih untuk mencoblos lima surat suara, berapa lama waktu penghitungan dan secara keseluruhan bagaimana para petugas simulasi bisa melaksanakan tugas dengan baik.

Baca Juga : Sjafruddin Prawiranegara, Tokoh Indonesia Pengkritik Haramnya Bunga Bank

Juga waktu yang dibutuhkan secara keseluruhan untuk melaksanakan pemungutan dan penghitungan suara di TPS serta penggunaan Sirekap.

Turut hadir pula pada kegiatan tersebut seluruh PPK, PPS, dan Panwas se Kabupaten Banjarnegara.

Salah seorang warga, Tri Hartini mengaku kegiatan simulasi ini sangat bermanfaat karena membuatnya bisa mengerti proses pemungutan suara.

Tinggalkan Balasan