Banyumas Raya

Awas Jalan Gumelar-Winduaji Rawan Longsor!  

83
×

Awas Jalan Gumelar-Winduaji Rawan Longsor!  

Sebarkan artikel ini
jalan gumelar paguyangan
BERSIHKAN MAERIAL LONGSOR: Personel Banser, aparat terkait dan warga membersihkan material jalan Gumelar-Paguyangan yang longsor pekan lalu.

GUMELAR, NUBANYUMAS.com-Warga pengguna kendaraan yang akan melintasi jalur Gumelar-Paguyangan lewat jalan kabupaten di Dusun Renggong, Desa Samudra, Kecamatan Gumelar perlu mewaspadai tanah longsor di musim hujan ini.

Sebelumnya pekan lalu, usai hujan deras, telah terjadi tanah longsor di jalan penghubung dua kabupaten tersebut. Areal Perhutani itu sebagian longsor menutup jalan  hingga tak bisa dilintasi kendaraan.

“Tanah longsor terjadi akibat hujan turun sangat deras dari jam 18.00 WIB sampai dengan 07.00. Akibatnya akses jalan dari Gumelar menuju Paguyangan, Brebes putus dan tak bisa dilintasi kendaraan,” kata Kasatkoryon Banser Gumelar, Sholihun.

Beruntung, selama dua hari setelah longsor itu, warga Samudra, tim relawan RAPI, Ansor Banser dari Gumelar dan juga bantuan dari warga Desa Winduaji, Kecamatan Paguyangan, bekerja sama untuk mengalihkan lumpur penutup jalan. Usai lumpur disingkirkan akhirnya jalan itu bisa dilewati kembali.

“Namun demikian, besar kemungkinan akan terjadi longsor lagi apabila terjadi hujan lebat. Apalagi saat ini pohon-pohon yang berfungsi untuk menahan tanah sudah ditebangi,” jelas Kasro, personel Bagana Gumelar.(Rosadah-4)

 

Tinggalkan Balasan