Banyumas Raya

Puncak Haflah, Pondok Pesawahan Wisuda 22 Santri Huffadz

23
×

Puncak Haflah, Pondok Pesawahan Wisuda 22 Santri Huffadz

Sebarkan artikel ini
HAFLAH PESAWAHAN

RAWALO, Bandafo.com – Pagelaran haul dan haflah bagi Pesantren biasanya juga dijadikan ajang khataman berbagai kurikulum kajian kitab atau Qur’an. Demikian pula dengan Pondok Pesantren Miftahul Huda Pesawahan, atau yang akrab disebut sebagai pondok pesawahan. Rangkaian acara meliputi haul dan haflah sekaligus khotmil Quran dan khotmil kutubuss salaf, Ahad (14/3/2021) puncaknya.

Tahun ini, penyelenggaraan khotmil Qur’an diikuti oleh 255 wisudawati khataman juz ‘amma dan 220 wisudawan khataman juz ‘Amma atau juz ke 30. khataman al-Quran bin nadzri diikuti oleh 150 wisudawan putri.

Puncak acara khotmil Qir’an adalah prosesi wisuda atas santri yang telah selesai hapalan al-Qur’an 30 juz yang lazim diberi predikat huffadhafidz Quran. Tahun ini pondok pesawahan mewisuda 18 wisudawati hafidz Quran dan 4 wisudawan hafidz Quran.

Dalam prosesi tersebut, doa oleh KH Labib Muhson al-hafidz dari PP al-ihya ulumaddin dan Nyai Dairotul Hasanah dari PP al-Azhar Cintangkolo Banjar Jabar .

Nyai Asasul Baidlo, selaku panitia menyampaikan bahwa wisuda ini hanya sebuah gerbang pembuka bagi jalan para penghapal al-Quran karena masih ada jalan panjang untuk selalu menjaganya dengan tadarus dan muroja’ah. Beliau berharap para wisudawan kelak akan menjadi obor bagi masyarakatnya dalam memasyarakatkan al-Qur’an.

Respon (0)

Tinggalkan Balasan