Banyumas Raya

Banser Cilongok dan Ubaloka Kwarcab Banyumas Adakan Pelatihan SAR Air

18
×

Banser Cilongok dan Ubaloka Kwarcab Banyumas Adakan Pelatihan SAR Air

Sebarkan artikel ini
Banser Cilongok dan Ubaloka Kwarcab Banyumas Adakan Pelatihan SAR Air Admin

CILONGOK, Bandafo.com – Sabtu (27/3/2021), Banser Satkoryon Cilongok dengan Unit Bantu Pertolongan Pramuka (UBALOKA) Kwarcab Banyumas adakan kegiatan bersama dalam bidang Search And Rescue (SAR) air. Telaga Kumpe sebagai ikon wisata kecamatan Cilongok menjadi tempat pelatihan tersebut.

Sebanyak 38 peserta anggota Banser Satkoryon Kecamatan Cilongok mengikuti pelatihan penanganan pertolongan pertama SAR air.

Komandan Banser Satkoryon Kecamatan Cilongok, Kholidin mengatakan, pelatihan SAR air ini sangat penting mengingat saat ini jumlah anggota Banser yang mengerti tentang pengetahuan dan ketrampilan dalam hal pertolongan pertama di air masih sangat minim.

Menurutnya, anggota Banser harus memiliki skill dan keterampilan dalam hal pertolongan di berbagai medan dan kondisi darurat. Dengan materi dasar yang telah dipaparkan oleh salah satu anggota Ubaloka Kwarcab Banyumas, diharapkan anggota mampu mengimplementasikan semua yang didapatkan selama pelatihan bila mana terjadi situasi darurat atau bencana, khususnya di Kecamatan Cilongok.

Pelatih Kegiatan tersebut Doni Damara juga mengatakan, Pramuka dan Banser harus bersinergi karena kita mempunyai titik temu misi sosial yang sama, dan SAR adalah tugas yang penuh dengan resiko untuk itu kita harus membekali diri dengan latihan-latihan yang maksimal.

Kontributor : Khafid Sya’bani
Editor : Dini Rahmat Aziz

Tinggalkan Balasan