Banyumas Raya

Ada Lima Ciri-ciri Kiai NU, Apa Saja?

28
×

Ada Lima Ciri-ciri Kiai NU, Apa Saja?

Sebarkan artikel ini
Ada Lima Ciri-ciri Kiai NU, Apa Saja? Admin

PURWOKERTO, Bandafo.com – Rais Syuriah Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Banyumas KH Mughni Labib Menjelaskan bahwa ada lima ciri-ciri kiai, pengurus atau warga NU yang bisa kita identifikasi dalam kehidupan sehari-hari. Hal tersebut beliau sampaikan dalam acara Muhasabah Harlah 95 PCNU Kabupaten Banyumas, Ahad (14/02/2021) yang dilakukan offline dan online via Zoom Meeting.

Ciri yang pertama adalah Istiqomah. Istiqomah khoeru min alfi karomah, istiqomah lebih baik dari pada seribu karomah. Istiqomah adalah kesetiaan dalam berkhidmat di Organisasi NU. “Ikuti menjadi pengurus NU jangan hanya ikut pelantikan saja, tetapi harus ikut aktif dalam kegiatan organisasi,” katanya.

Ciri yang kedua adalah istifadah atau terus menerus belajar atau ngaji. Setiap kegiatan yang dilakukan harus mengandung ilmu pengetahuan, atau harus ada meskipun sedikit ilmu yang disampaikan.
“Harapannya kedepan seluruh warga nahdiyin terus bertambah pengetahuan atau ilmunya,” lanjutnya.

Ciri yang ketiga ialah istisyaroh atau musyawarah. Bermusyawarah menjadi pokok utama dalam organisasi, karena dengan bermusyawarah bisa membuka pemikiran keorganisasian kita, “Bahasa kekinian nya rajin berkonsultasi,” lanjutnya lagi.

Sedangkan ciri yang ke empat dan ke lima adalah istikharah dan istighosah, yaitu selalu meminta petunjuk dan pertolongan kepada Allah SWT ketika dihadapkan dalam sebuah pilihan atau dalam sebuah masalah. “Jika kelima hal tersebut ada, maka ingsa Allah NU akan semakin besar, kuat dalam bidang apapun,” tambahnya.

Terakhir, Kiai Labib berpesan agar lima hal tersebut tidak hanya berlaku untuk kiai atau pengurus NU saja, melaikan untuk seluruh warga NU di Kabupaten Banyumas. “Untuk semuanya saja, warga Banyumas, warga NU Banyumas agar bisa melakukan lima ciri tersebut,” pungkasnya.

Respon (0)

Tinggalkan Balasan