Banyumas Raya

Ada Apa di Kebun Kopi Merah Putih NUMas Wanasri, Cingebul?

21
×

Ada Apa di Kebun Kopi Merah Putih NUMas Wanasri, Cingebul?

Sebarkan artikel ini
Kebun kopi merah putih wanasri

LUMBIR, Bandafo.com – Koperasi Nusantara Banyumas Satria (NUMas) menyelenggarakan Istighotsah dan Do’a Bersama untuk memperingati Hari Lahir Nahdlatul Ulama ke-98 sekaligus Hari Jadi Kabupaten Banyumas ke-450, di Kebun Kopi Merah Putih NUMas Wanasri, Cingebul, Lumbir, Minggu (28/2/2021).

Ketua Koperasi NUMas, Muhammad Arief Albani mengatakan kegiatan ini merupakan rangkaian kegiatan Penanaman Kebun Kopi NUMas yang sudah memasuki Tahap VIII. Kegiatan penanaman ini bertepatan dengan tanggal 16 Rajab yang merupakan Hari Lahir Nahdlatul Ulama ke-98 versi hijriyah.

“Sebelumnya pada tanggal 22 Februari lalu merupakan Hari Jadi Kabupaten Banyumas yang ke-450 tahun. Maka kami kemas kegiatan ini sekaligus dalam satu kegiatan yang dapat merefleksikan dan mengapresiasi dua hari besar tersebut dengan melaksanakan Istighotsah serta do’a bersama,” katanya.

Selain dihadiri Anggota Koperasi NUMas, hadir juga Bupati Banyumas Ir. H. Achmad Husein beserta beberapa Kepala Dinas yang sengaja menyempatkan hadir dan berbaur bersama para petani dari Unit Usaha Pertanian Koperasi NUMas.

“Kehadiran beliau Bupati Banyumas di tengah-tengah kami dan mengikuti rangkaian kegiatan hari ini sangat mengejutkan, karena tidak ada persiapan apapun,” ujar Kepala Unit Pertanian Koperasi NUMas, Heru Budi Prasetya.

10 Ribu Pohon Kopi

Kegiatan ini merupakan tahapan kegiatan dari program Unit Usaha Pertanian Koperasi NUMas yang mentargetkan penanaman 10.000 pokok pohon kopi jenis Arabika hingga akhir musim penghujan tahun ini, dan akan dilanjutkan lagi untuk penanaman 10.000 pokok pohon kopi pada tahap selanjutnya di bulan Oktober 2021 nanti.

Baca Juga : Peringati Harlah NU di Kebon ‘Kopi Merah Putih’, Ngapain Aja?

Selain agenda kegiatan Istighotsah dan Do’a yang rutin dilakukan sebelum memulai penanaman, dilaksanakan juga Launching Kartu Anggota Koperasi NUMas (KAK NUMas) secara simbolis. Penyerahan KAK NUMas secara simbolis dilakukan oleh Ketua Koperasi NUMas, kepada Ibu Balqis Fadillah mewakili Anggota Koperasi NUMas.

“KAK NUMas atau Kartu Anggota Koperasi NUMas ini merupakan kerjasama antara Koperasi NUMas dan Bank BRI” Ketua Koperasi NUMas.

“KAK NUMas ini berfungsi sebagai E-Money yang bukan hanya sebagai Identitas Anggota namun dapat digunakan sebagai alat pembayaran di beberapa merchant, minimarket, supermarket, lounge bandara, spbu dan Bus Trans Jateng” tambahnya.

Kepala Desa Cingebul Sugeng Riyadi menyampaikan apresiasi baik terhadap Koperasi NUMas yang sudah ikut membantu melaksanakan program pemberdayaan bagi warga Desa Cingebul yang dipimpinnya.

Bupati Banyumas Ir. H. Achmad Husein dalam sambutannya, mengarahkan agar program-program pemberdayaan masyarakat yang padat karya seperti ini harus diikhtiarkan dengan istiqomah agar mencapai tujuan akhir yang diharapkan.

“Koperasi NUMas ini nyleneh, karena membuat program yang diluar kebiasaan. Mau membuat program jangka panjang yang butuh kesabaran”.

“Semoga dapat menjadi hasil yang manfaat bagi masyarakat Banyumas umumnya dan Anggota Koperasi NUMas khususnya dan dapat mengangkat nama Kabupaten Banyumas dengan Brand Baru di Bidang Perkebunan Kopi,” ujar dia.

Pada kesempatan yang sama, Kepala DPMPTSP, Amrin Ma’ruf juga menyampaikan dukungannya kepada kegiatan-kegiatan yang diprogramkan Koperasi NUMas. Amrin mengatakan siap memfasilitasi segala kebutuhan yang terkait perijinan jika diperlukan oleh Koperasi NUMas nantinya. Kegiatan Penanaman Tahap VIII diakhiri dengan penanaman bibit Kopi Arabika oleh Bupati Banyumas dilanjutkan Amrin Ma’ruf dan diakhiri Camat Lumbir, Dwi Nurwijayanto.

Tinggalkan Balasan