Banyumas Raya

59 Kader IPNU-IPPNU Jatilawang Digembleng Selama Tiga Hari

17
×

59 Kader IPNU-IPPNU Jatilawang Digembleng Selama Tiga Hari

Sebarkan artikel ini
59 Kader IPNU-IPPNU Jatilawang Digembleng Selama Tiga Hari Admin

JATILAWANG, Bandafo.com – 59 kader IPNU dan IPPNU Jatilawang digembleng intensif selama tiga hari dua malam dalam acara Latihan Kader Muda atau Lakmud. Acara dilaksanakan Jumat-Sabtu(11-13/6/21) di MTs Maarif NU 1 Jatilawang.

Menurut Abdul Hamid, Ketua IPNU PAC Jatilawang, LAKMUD adalah salah satu program kerja dari Departemen Pendidikan dan kaderisasi PAC IPNU IPPNU kecamatan Jatilawang masa khidmat 2020-2022, dimana program ini bertujuan untuk membentuk kader-kader militan dan kader yang mau berjuang demi keutuhan NU dimasa depan.

Peserta Lakmud kali ini diikuti oleh peserta dari PR (Pengurus Ranting) IPNU IPPNU Se Kecamatan Jatilawang dan dari beberapa daerah sekitar Kecamatan Jatilawang, dan juga perwakilan peserta dari luar kabupaten diantaranya dari Tegal dan Kebumen.

Abdul Hamid menambahkan, sebelum pelaksanaan Lakmud, juga diadakan SKB (Sekolah Kader Berkelenjutan) sebagai prasyarat dilaksanakannya Lakmud. SKB ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana pengetahuan dan rasa ingin tahu tentang Ke-NU-an mereka dan melihat sejauh mana militansi mereka pada proses kaderisasi ini.

SKB dilakukan 2 kali dimana SKB pertama dilaksanakan pada tanggal 09 Mei 2021 dan SKB kedua dilaksanakan pada tanggal 26 Mei 2021. Jumlah peserta yang lolos seleksi LAKMUD ini adalah 59.

Beberapa pembicara yang hadir diantaranya budayawan asal Desa Tinggarjaya Kecamatan Jatilawang, yakni H. Ahmad Tohari yang mengisi materi Ke-Indonesia-an. Gus Mohammad Luqman yang mengisi materi Managemen konflik & SPS. Syukron Ma’muri Pembina PAC IPNU Jatilawang yang mengisi materi leadership. Rofik Kamilun Ketua GP Ansor Kecamatan Jatilawang sekaligus Pembina PAC IPNU Jatilawang yang mengisi materi Managemen organisasi. Selanjutnya materi ASWAJA dan Amaliah NU yang di isi oleh KH. Faturrohman asal kecamatan Pekuncen Kabupaten Banyumas. (*)

Kontributor : Abdul Hamid

Tinggalkan Balasan