Banyumas

Optimalkan Kemampuan Literasi Peserta Didik, SDN Pandansari Gelar IHT

111
×

Optimalkan Kemampuan Literasi Peserta Didik, SDN Pandansari Gelar IHT

Sebarkan artikel ini
Optimalkan Kemampuan Literasi Peserta Didik, SDN Pandansari Gelar IHT Admin

AJIBARANG, Bandafo – Optimalkan layanan dan fungsi Perpustakaan Sekolah untuk meningkatkan kemampuan literasi, peserta didik SDN Pandansari gelar In House Training (IHT). IHT yang digelar selama tiga hari, Selasa – Kamis, 3 – 5 Oktober 2023 di Aula SD Negeri Pandansari.

Narasumber IHT yaitu Umar, SPd MM, Koordinator Korwilcam Dindik Ajibarang, Roko Adi Nugroho, SPd, Kepala SDN Kalisari, dan Yusep Kurniawan, MPd, Kepala SDN Pandansari.

Koordinator Dindik Kecamatan Ajibarang, Umar, SPd MM menyampaikan apresiasi kepada SDN Pandansari atas upayanya optimalkan kemampuan literasi melalui IHT. Menurutnya kegiatan IHT sebagai upaya perbaiki hasil rapor pendidikan tersebut merupakan salah satu upaya tepat dan strategis.

“Saya berharap dengan pengoptimalan aset yang ada, baik perpustakaan beserta sarana dan prasarananya, tenaga pustakawan, guru serta tenaga kependidikan akan mampu optimalkan kemampuan literasi peserta didik SDN Pandansari,” katanya

Sementara Roko Adi dalam paparannya mengatakan melihat kondisi aset SDN Pandansari, ia yakin, kemampuan literasi akan meningkat. Tentu menurutnya butuh kerjasama dan kolaborasi antar semua pihak. Roko juga memberikan aplikasi pengelolaan dan layanan perpustakaan gratis untuk dimanfaatkan Perpustakaan SDN Pandansari.

“SDN Pandansari punya perpustakaan. Tinggal bagaimana pengelolaannya. Perpustakaan harus dirindukan anak agar menyenangkan dan membahagiakan. Pasti dengan kondisi demikian anak betah membaca dan kemampuan literasi anak meningkat,” tegasnya.

Kepala SDN Pandansari Yusep Kurniawan optimis, dengan mengoptimalkan aset yang dimiliki, kemampuan literasi peserta didik akan meningkat. Menurutnya rangkaian IHT yang digelar merupakan bagian dari upaya perbaiki rapor pendidikan SDN Pandansari untuk kemampuan literasi peserta didik yang masih rendah.

“Kemampuan literasi anak didik kita pasti bisa meningkat. Yuk kita kompak bergerak bersama, bekerjasama, berkolaborasi optimalkan aset kita, salah satunya perpustakaan sekolah untuk tingkatkan kemampuan literasi anak didik kita,” ungkap Yusep optimis.

Yusep juga menambahkan bahwa IHT juga rangkaian dari Rencana Tindak Kepemimpinan (RKT) yang merupakan bagian dari kegiatan On the Job Learning (OJL) Program Penguatan Kepemimpinan dan Manajerial Kepala Sekolah.

“IHT tiga hari ini merupakan kegiatan On-Service dari Program Penguatan Kepala Sekolah,” pungkasnya

Tinggalkan Balasan