Banyumas

Pj Bupati Banyumas Pimpin Deklarasi Damai Calon Kepala Desa

252
×

Pj Bupati Banyumas Pimpin Deklarasi Damai Calon Kepala Desa

Sebarkan artikel ini
Pj Bupati Banyumas Pimpin Deklarasi Damai Calon Kepala Desa Admin

PURWOKERTO, Bandafo

Pejabat (Pj) Bupati Banyumas Hanung Cahyo Saputro memimpin deklarasi damai dalam rangka persiapan pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak 2023 Jumat 13 Oktober 2023 di Pendopo Si Panji Purwokerto. Kegiatan dilaksanakan untuk memastikan kelancaran pilkades yang akan dilaksanakan oleh 15 desa di 12 kecamatan pada Senin 23 Oktober 2023 mendatang.

Sebanyak 43 calon kepala desa akan bersaing dalam pesta demokrasi ini. Mereka berasal dari Kecamatan Kebasen ada 9 calon yaitu Desa Tumiyang 3 calon, Desa Cindaga 3 Calon dan Desa Adisana 4 Calon.Dari Kecamatan Tambak ada 5 calon yaitu dari Desa Watuagung 3 Calon dan Gumelar Lor 2 calon.

Sementara dari 10 kecamatan lain yaitu Desa Klinting Somagede 3 calon, Desa Jambu Wangon 3 calon, Desa Sirau Kemranjen 3 calon, Desa Klahang Sokaraja 2 calon, Desa Kracak Ajibarang 2 calon, Desa Dermaji Lumbir 2 calon, Desa Cilangkap Gumelar 3 calon, Desa Tunjung Jatilawang 3 calon, Desa Datar Sumbang 3 calon dan Desa Ledug Kembaran sebanyak 4 calon

Sebelum melakukan deklarasi para Calon Kepala Desa ini mendapat pesan-pesan penting dari Forkopimda antara lain dari Kapolresta Banyumas Kombes Pol Edy Suranta Sitepu, S.IK, MH, Dandim 0701 Banyumas Letkol Arm Ida Bagus Adi Purnama, S.T, M.Han, Ketua DPRD Banyumas Dokter Budhi Setiawan dan Perwakilan Kejaksaan

Pj Bupati Banyumas Hanung Cahyo Saputro menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada 43 calon kepala desa dari 15 desa di 12 kecamatan yang telah berjuang keras dari tahap persiapan hingga tahap pemilihan nanti. Menurutnya pemilihan kepala desa adalah momen penting dalam kehidupan masyarakat desa, yang hasilnya akan mempengaruhi arah dan masa depan desa kita untuk tahun-tahun mendatang. Untuk itu ia menekankan pentingnya menjalankan proses pemilihan ini dengan penuh kebijaksanaan, kesadaran akan tanggung jawab, dan tentu saja, dengan penuh keberanian.

“Semua calon kepala desa, tim kampanye, dan pendukung masing-masing harus berkomitmen untuk menjaga perdamaian, menghormati pandangan lawan politik, dan menjauhi segala bentuk provokasi atau tindakan yang dapat merusak tatanan sosial kita,” lanjutnya

Pj Bupati berharap kompetisi pemilihan Kepala Desa menjadi wadah untuk berbagi visi, ide, dan solusi terbaik yang dapat memajukan desa, serta melahirkan figur pemimpin yang tidak hanya dikenal luas di masyarakat, tetapi juga mampu memberi kesejukan, perlindungan dan perubahan taraf serta tatanan hidup masyarakat ke arah yang lebih mandiri dan bermartabat.

“Selain itu, saya juga ingin mengingatkan kita semua tentang pentingnya mendukung dan menghormati hasil pemilihan, apa pun itu. Hasil pemilihan adalah cerminan dari kehendak rakyat, dan kita semua harus siap menerima hasilnya dengan lapang dada. Dan setelah pemilihan, saatnya kita bersatu kembali untuk membangun desa kita bersama-sama, tanpa melihat perbedaan politik,” tegasnya

Kepada Panitia Pilkades Hanung menghibau untuk bersikap adil dan netral. Tetap berpedoman kepada peraturan perundang-undangan yang berlaku.

“Pantau secara langsung proses pilkades dan terus berkoordinasi dengan panitia tingkat kabupaten. Pemerintah Kabupaten Banyumas bersama Forkopimda, siap memberikan dukungan penuh dalam melaksanakan pemilihan ini secara aman, transparan, dan damai,” pungkasnya.

Deklarasi dipimpin oleh Pj Bupati Hanung yang dianjutkan dengan penandatangan komiten pada berita acara serta lewat Banner.

Tinggalkan Balasan