Banyumas

Bupati Banyumas Lantik 9299 Pramuka Garuda

75
×

Bupati Banyumas Lantik 9299 Pramuka Garuda

Sebarkan artikel ini
Bupati Banyumas Lantik 9299 Pramuka Garuda Admin

Purwokerto, Bandafo – Ketua Majelis Pembimbing Cabang Banyumas (Mabicab), Bupati Banyumas Achmad Husein melantik 9299 Pramuka Kwartir Cabang Banyumas menjadi Pramuka Garuda, Sabtu 16 September di Stadion Sepakbola GOR Satria Purwokerto. Pramuka garuda merupakan tingkatan tertinggi dari setiap golongan pramuka mulai dari siaga, penggalang, pandega dan penegak.

Ketua Kwarcab Banyumas, Agus Nur Hadie mengatakan, dari 9.299 pramuka yang dilantik, terdiri dari pramuka Siaga sejumlah 7463, Penggalang sejumlah 1777, Penegak dan Pandega sejumlah 59 pramuka.

“Proses dimulai dari keluarga, berproses di gugus depan melalui tahapan pencapaian syarat kecapakan umum dan syarat kecapakan khusus dan pada akhirnya berposes di kwartir ranting untuk melaksanakan serangkaian ujian hingga dinyatakan layak untuk dilantik,” ucapnya.

Agus menambahkan mulai tahun 2019-2023 Banyumas telah memiliki Pramuka Garuda sejumlah 14.372 dan telah melampaui target Kwarda Jawa Tengah dengan jumlah yang harus dicapai sebanyak 1430 anggota.

“Tahun 2019 sejumlah 2083, 2022 sejumlah 762, 2021 sejumlah 515 2022 sejumlah 1713 dan 2023 spektakuler dengan 9299,” tuturnya.

Ketua Mabicab Banyumas, Achmad Husein mengaku bangga dan bersyukur dengan banyaknya hasil dan kemajuan yang telah diperoleh oleh Pramuka Banyumas.

“Dalam moment yang baik ini saya memberikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada seluruh pihak yang membantu,” tuturnya.

Ia berpesan kepada para Pramuka Garuda terlantik untuk menjadikan momentum ini menjadi sarana untuk terus meningkatkan proses belajar, berkarya dan membangun semangat persatuan sebagai sesama anak bangsa.

“Insya Allah melalui gerakan pramuka, kalian dapat menimba ilmu dan keterampilan lebih banyak di samping yang kalian peroleh di sekolah,” ucapnya.

Sektetaris Kwarda Jawa Tengah Istajib juga menyampaikan apresiasi kepada kwarcab Banyumas yang bisa mencetak pramuka garuda lebih dari 9 ribu. Menurutnya lebih dari 9 ribu adalah luar biasa.

“Saya beberapa kali menyaksikan pelantikan Pamuka Garuda di Kwarcab Banyumas. Bisa jadi ini terbanyak Kwarcab yang bisa melantik lebih dari 9 ribu. Tentu dibutuhkan tata kelola dan kerja sama semua pihak,” katanya.

Turut hadir Erna Sulistiawati Husein, Wakil Bupati Banyumas Sadewo Tri Lastiono bersama Eny Sadewo, Wakil Ketua Bidang Bina Muda Kwartir Nasional Budi Prayitno, Sekretaris Kwarda Jawa Tengah Istajib, Wakil Ketua Hernowo Budi Luhur, Mabiran, Mabigus Para Pembina dan orangtua anak didik.

(Sumber : Humas Pemkab Banyumas)

Tinggalkan Balasan