Banyumas Raya

Fatayat Rawalo ‘Nyadran’, Sambut Ramadhan dengan Ziarah Wali

33
×

Fatayat Rawalo ‘Nyadran’, Sambut Ramadhan dengan Ziarah Wali

Sebarkan artikel ini
Ziarah Fatayat Rawalo

RAWALO, Bandafo.com – PAC Fatayat Rawalo menggelar ‘Ziarah Wali Banyumas’,  Ahad (4/4/2021). Kegiatan tersebut menjadi bagian tradisi ‘nyadran’ (sya’ban) dan menyambut Ramadhan 1442 H.

“Sejatinya ini agenda rutin dan merupakan tahun kedua. Semoga ini menjadi tardisi baik, sebagaimana sudah diwariskan oleh leluhur kita,” kata Ketua PAC Fatayat Rawalo, Yuni Wafiaturrohmah kepada Bandafo.com.

Satu yang istimewa dengan ‘ziarah wali banyumas’ tahun 2021 adalah start makam yang diziarahi. Yakni, makam muasis Ponpes Miftahul Huda Rawalo, Mbah KH Zaini Ilyas Pesawahan. Kyai sepuh yang baru saja wafat belum lama ini dan menjadi panutan masyarakat.

“Ziarah kepada orang tua yang masih hidup atau mati itu baik, apalagi jelang Ramadhan. Sekaligus niat nyambungn silaturahmi maka baik juga membawa anak-anak. Semoga puasa kita besok lancar dan istiqomah,” katanya.

Rute ziarah dari Mbah Zaini ke Sunan Papaq Banjarparakan. Lanjut KH Badawi Hanafi (dengan masyayikh Kesugihan) Kesugihan Cilacap, KH. Hisyam Zuhdi (masyayikh Leler) Leler, dan KH. Busyro Ilyas Danasri. Berlaku sebagai pemimpin tahlil pada ziarah tersebut adalah Siti Khadiqotun dan Nihayatul Banat yang dilakukan secara bergantian.

Kontributor : A`tina Fatha

Tinggalkan Balasan